Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us


widget

make widget
Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us
Top Blogs BOOTER-CENTER - Find me on Bloggers.com
Mau Pasang Iklan Disini? Resize Banner 460X61
ads ads ads peluang usaha

Thursday, October 13, 2011

Yuks, Buat Tempe Sendiri!

Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us

Jakarta - Yeacchh, buat KoKiers di mana saja berada, yuks kita belajar buat tempe sendiri, huehehe. Yups, kali ini, Yuka akan membagi tips cara membuat tempe yang enaks dan yang pasti nendang rasanya, hiahaha (tendangan maut).

Dulu, sebelum bisa membuat tempe sendiri, Yuka selalu membelinya sama teman. Tapi apa boleh dikata, teman ini pindah ke Jakarta untuk waktu yang tidak bisa dipastikan. Akhirnya, Yuka memutar otak, jieeee, ingin belajar membuat tempe sendiri. Lalu, Yuka menyampaikan unek-unek ini kepada sang teman. Dan, alhamdulillah, sang teman dengan senang hati mau mengajarkan Yuka cara membuat tempe. Terima kasih my sobat.

Alhasil, dengan semangat 17 (wkwkwk bukan 45), Yuka bersama seorang teman dengan serius mencermati cara pembuatan tempe. Mulai dari menguliti kacang kedelai, merebus hingga membungkus. Tentunya, setelah kedelai diberi ragi tempe.

Yups, KokKier, inilah tempe buatan Yuka. Tempe dalam tampilan asli dan setelah dibacem. Berikut ini resepnya.

Cara Membuat Tempe:
1. Satu kilogram kedelai direnda dengan air dingin dan setengah cup cuka Mizkan. Pastikan kedelai terendam semua selama kurang lebih dua hari, sampai keluar buih/busa.
2. Kuliti semua kedelai hingga bersih, lalu pecah menjadi dua. Setelah itu, kedelai dicuci bersih.
3. Rebus kedelai kupas dan masukkan sedikit mizkan, kurang lebih dua sendok makan, selama kurang lebih 40 menit dengan api sedang. Setelah kedelai empuk, angkat dan tiriskan.
4. Keringkan kedelai rebus. Yuka biasanya memakai tisu dapur.
5. Siapkan satu sendok ragi tempe dan katakuriko atau tepung kanji tiga sendok makan. Campurkan kedelai dan ragi tempe yang sudah dicampur dengan -katakuriko. Aduk-aduk sampai merata.
6. Masukkan kedelai ke dalam plastik. Rekatkan plastik dengan api kecil/lilin. Lalu tusuk-tusuk plastik dengan garpu. Simpan kedelai yang sudah dibungkus di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Bisa di tempat gelap atau di dalam lemari.

Jika ingin membuat tempe dengan takaran sedikit, bahan-bahan yang digunakan bisa dikira-kira sendiri. Misalnya, setengah kilogram kedelai. Resepnya cukup dibagi dua, ragi setengah bagian, begitu pula dengan tepung kanjinya. Apabila tidak ada plastik biasa, bisa menggunakan plastik yang ada clip-nya. Jangan lupa ditusuk-tusuk.

Nah, buat KoKier yang tidak bisa menemukan cuka Jepang (mizkan), bisa menggantinya dengan cuka biasa. Tetapi, Yuka belum pernah mencobanya. Maaf banget kalau yang ini. Hihihi, tidak bertanggung jawab.

Resep Tempe/Tahu Bacem ala Yuka

Bahan:
Satu papan tempe, potong menurut selera
4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
½ sendok teh ketumbar
1 ruas laos
2 lembar daun salam
sedikit asam jawa dan gula merah
garam secukupnya
300 ml pocari sweat, pengganti air kelapa

Cara Membuat:


  • Haluskan bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.
  • Setelah bumbu dihaluskan, masukkan tempe yang sudah dipotong-potong. Lalu, masukkan daun salam, laos yang sudah dikeprek, gula jawa, asam, sedikit garam, pocari sweat, dan sedikit air.
  • Lalu jerangkan di atas api sedang, sesekali diaduk-aduk agar tidak gosong. Masak sampai kuah tidak bersisa/kering.
  • Goreng tempe atau tahu bacem hingga kecoklatan. Sajikan dengan nasi angets dan sambel pedas bila suka. (Yuka angkat tangan saja, secara nggak bisa makan terlalu pedas)
Okey, KoKiers. Sekian dulu

Related Post



Get Traffic Like Spam
Loading...

0 Comment:

Post a Comment

Section meetings - Registered
recent entries

users online



ads ads ads ads
 

networkedblogs

B-C ON YAHOO

Trafic

Followers

MyFreeCopyright.com Registered & Protected MyFreeCopyright.com Registered & Protected