Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us


widget

make widget
Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us
Top Blogs BOOTER-CENTER - Find me on Bloggers.com
Mau Pasang Iklan Disini? Resize Banner 460X61
ads ads ads peluang usaha

Sunday, October 16, 2011

Kurangi Jatah Menteri PKS, SBY Jaga Keseimbangan

Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan akan mengurangi jatah kursi kabinet untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari empat menjadi tiga. Bila benar terjadi, diduga hal itu dilakukan semata-mata untuk menjaga keseimbangan. Apa maksudnya?

"SBY tidak mau berpisah dengan PKS secra langsung, tapi SBY juga tidak mau dianggap terlalu dianggap berpihak kepada PKS di mata kader-kader Demokrat yang sudah gerah dengan PKS. Salah satunya dengan cara mengurangi jatah menteri," kata pengamat politik Universitas Indonesia Yon Machmudi kepada BOOTER-CENTER , Sabtu (15/10/2011).

Menurut Yon, antara SBY dan PKS telah terjalin hubungan yang intens, bahkan sejak SBY berkampanye pada Pemilu 2004. SBY sangat membutuhkan dukungan dari partai tersebut. Saking dekatnya hubungan keduanya, PKS masuk ke barisan partai pendudukung pemerintah (koalisi).

Namun, dalam perjalanannya, muncul beberapa sikap nakal elit PKS yang berseberangan dengan elit Partai Demokrat (PD) tempat SBY bernaung. Seringkali kedua politikus dari PKS dan PD pecah kongsi, antara lain terlihat dari pengungkapan kasus Bank Century dan mafia pajak.

Ulah PKS yang berulangkali menyudutkan pemerintah jelas saja membuat kader PD gerah. Mereka bahkan sempat mendesak agar Presiden SBY melakukan reshuffle kabinet. Namun, hingga pemerintahannya berjalan 2 tahun, SBY masih menahan diri untuk mengikuti keinginan anak buahnya di PD.

"Nah, sekarang ini lah SBY mulai menanggapi sikap elit-elit PD itu, walau sejak dulu sudah disampaikan dan tidak berhasil. Sekarang ini SBY mulai mengikuti apa yang disarankan elit-elit yang ada di Demokrat," ucap Yon.

Sebaliknya, kepada PKS, bila menteri dari partai itu berkurang satu, maka SBY juga ingin menguji kesetiaan partai pimpinan Luthfi Hasa Ishaq tersebut. SBY juga ingin menjaga keseimbangan dengan partai-partai anggota koalisi lainnya yang mendapatkan kursi kabinet lebih sedikit.

"Kalau dilihat, PKS dapat empat itu kan dan menimbulkan keirian yang lain. Nah, sudah dikasih banyak kok nakal?" ucap Yon.

Related Post



Get Traffic Like Spam
Loading...

0 Comment:

Post a Comment

Section meetings - Registered
recent entries

users online



ads ads ads ads
 

networkedblogs

B-C ON YAHOO

Trafic

Followers

MyFreeCopyright.com Registered & Protected MyFreeCopyright.com Registered & Protected