Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us


widget

make widget
Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us
Top Blogs BOOTER-CENTER - Find me on Bloggers.com
Mau Pasang Iklan Disini? Resize Banner 460X61
ads ads ads peluang usaha

Wednesday, June 22, 2011

Tutorial HDR photografi (include software)

Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us

HDR (High Dynamic Range) Photography adalah salah satu teknik yang melibatkan pengetahuan dasar teknik memotret dan juga olah digital lanjutan. Dasarnya adalah membuat satu file foto (formatnya *.hdr) dengan menggabungkan beberapa foto berobjek sama “persis” namun berbeda eksposurenya. Sehingga dihasilkan satu file foto yang rentang nilai dinamis yang tinggi (untuk keperluan olah lanjutan artistiknya lebih luas variasinya) yag kemudian hasil akhir di save as menjadi file .jpeg

Disini saya akan coba jelaskan teknik photografi HDR pake software photomatix 3.1. untuk link downloadnya (photomatix 3.1+keygen): http://www40.indowebster.com/4249ea9...53ba4473e3.rar

hal2 yang dibutuhkan :
1. Kamera (untuk hasil terbaik gunakan kamera DSLR)
2 Tripod (untuk membuat objek foto yg sama persis) bisa jg
3. Objek foto memiliki kontras warna yang kaya, pencahayaan tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Biasanya objek HDR adalah bangunan dengan langit yang awannya berarak indah, sunset, sunrise, awan mendung, dan variasi lainnya.

Langkah Kerja :

1. Siapkan Foto Dasar

Minimal ada 3 foto dengan eksposure berbeda (eksposure adalah ukuran kecerahan suatu foto. Nilai minus berarti foto semakin gelap, nilai plus sebaliknya dan nilai 0 cahaya normal) - 3 foto yang akan diambil tersebut harus memiliki objek yang sama persis, gunakan tripod, atau letakkan di atas permukaan datar tanpa mengubah posisi saat memotret karena 3 foto itu akan digabungkan nanti menjadi satu foto. Jika dah biasa dengan DSLRnya... bisa juga tanpa tripod.

Semua itu akan mudah dipenuhi dengan kamera Digital Single Reflex Lens (D-SLR) karena pengaturan eksposure dapat dilakukan secara otomatis dengan continuous shot pada mode Bracket (mode yang memotret 3 atau lebih foto secara berurutan dengan eksposure yang berbeda), atau secara manual dengan mengatur eksposure pada kecepatan shutter speed berbeda-beda. Ingat jangan mengubah aperturenya.

Dan tripod adalah hal yang sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang baik karena tentu kita tidak ingin objek kita bergeser antara satu foto dengan yang lainnya

2. buka software photomatix :



ini tampilan awal software photomatix, klik tombol generate HDR Image untuk memulai

3. Pilih foto yang telah disiapkan

klik browse, pilih semua foto lalu OK

4. muncul pengaturan HDR, sesuaikan pengaturan seperti gambar dibawah ini lalu klik ok :


5. setelah itu, photomatix akan memproses foto yg agan2 pilih, tp proses pembuatan selesai. tampilanya seperti ini :



agan2 harus klik tombol Tone Mapping untuk mengatur Detail Enhancher atau tone compresor seperti gambar dibawah ini :



pengaturan yg sempurna dan cocok buat objek foto bakal ngasilin foto yg bagus gan, (oprek2 aja ndiri buat pengaturanya, lama2 jg pasti bakal ngeti)

setelah pengaturan dirasa cocok klik tombol proses, buat contoh yg ane berikan hasilnya jadi kaya gini ni gan :



Moga Berguna Copas dari tetangga ... he he

Related Post



Get Traffic Like Spam
Loading...

0 Comment:

Post a Comment

Section meetings - Registered
recent entries

users online



ads ads ads ads
 

networkedblogs

B-C ON YAHOO

Trafic

Followers

MyFreeCopyright.com Registered & Protected MyFreeCopyright.com Registered & Protected