Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us


widget

make widget
Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us
Top Blogs BOOTER-CENTER - Find me on Bloggers.com
Mau Pasang Iklan Disini? Resize Banner 460X61
ads ads ads peluang usaha

Wednesday, June 22, 2011

Kisah Diplomasi Gus Dur yang Bebaskan Zaenab dari Hukuman Pancung

Please Vote Us
Enter Yahoo Topsites | Yahoo Rare Sites | Yahoo Booter Sites and Vote for this site !!!
Vote For Us

Kisah Diplomasi Gus Dur yang Bebaskan Zaenab dari Hukuman Pancung
Jakarta - Bulan Ramadan 1419 Hijriyah atau tahun 1999 masehi menjadi saat-saat yang menegangkan sekaligus melegakan bagi Siti Zaenab, tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di Arab Saudi. Otoritas Saudi hendak memancungnya atas kasus pembunuhan terhadap anak majikan. Namun, pada bulan itu juga, ia dibebaskan dan kembali ke tanah air.

Bebasnya TKW asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Jatim), itu bukan dicapai melalui negosiasi yang alot antara perwakilan RI dengan pihak Arab Saudi. Zaenab lepas dari hukuman pancung setelah presiden saat itu, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), menelepon Raja Fahd untuk memaafkannya.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Gus Dur, Khofifah Indar Parawansa, adalah salah seorang yang terlibat langsung dalam upaya Gus Dur membebaskan Zaenab. Khofifah pun menceritakan kembali peristiwa yang terjadi 12 tahun silam tersebut.

"Jadi waktu itu saya dengan teman-teman NGO dalam dan luar negeri relatif nyambunglah. Mereka aktif meng-input data. Kemudian sampailah informasi ada Zaenab yang mau dipancung pada bulan Ramadan," kenang Khofifah saat ditemui wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2011).

Menurut Khofifah, sama seperti Ruyati binti Satubi, TKW yang dipancung Sabtu pekan lalu, Zaenab sudah tiga kali merantau ke Saudi. Saat pergi ke Saudi untuk ketiga kalinya, Zaenab dalam kondisi stres berat. Suaminya kawin lagi dengan uang hasil jerih payahnya selama menjadi pembantu di Arab. Zaenah pun akhirnya lepas kendali.

"Jadi dia ke sana dalam keadaan stres berat sebetulnya. Dia menusuk anak majikan 10 kali atau 9 kali. Jadi beda kasusnya dengan Ruyati. Jadi dia dalam keadaan stres berat, lalu kemudian hasil kerjanya dipakai kawin lagi sama suaminya," kata Khofifah.

Tidak ada kata maaf dari keluarga korban untuk Zaenab. Namun, saat itu Khofifah mendapat informasi bahwa kalau ahli waris tidak memaafkan, ada lembaga permaafan paling tinggi di Arab Saudi, yaitu sang raja. Khofifah langsung menghubungi Menteri Luar Negeri Alwi Shihab untuk menghubungi orotitas Saudi. Namun, karena raja Saudi, maka harus presiden yang menghubungi.

"Karena raja yang harus telepon presiden. Saya sama Pak Alwi menghadap Gus Dur. Gus Dur tolonglah telepon raja Saudi. Ini puasa-puasa masa Zaenab mau dipancung. Terus Gus Dur langsung menelepon raja Saudi," cetus Ketua PP Muslimat NU ini.

Tidak perlu menunggu lama, dalam waktu 3 hari, datang kabar menggembirakan dari tanah Arab. Zaenab selamat dari hukuman pancung. Setelah pulang ke tanah air, Gus Dur mengundang Zaenab ke Istana Negara untuk ikut berbuka bersama.

"Akhirnya kemudian dapat tiga hari dapat dibatalkan. Lalu kemudian bulan puasa itu juga Zaenab pulang ke Jakarta, dan diterima di Istana Negara sekalian buka puasa," kata Khofifah.

Khofifah tidak menyarankan presiden saat ini meniru apa yang diupayakan Gus Dur terhadap TKI yang tersandung masalah hukum di luar negeri, terutama Arab Saudi. Hanya saja, ia berharap pemerintah berani bernegosiasi dengan otoritas Arab, terutama untuk menyelamatkan 27 TKI yang menunggu hukuman mati di negara tersebut.

"Kalau kemudian satu kasus presiden telepon, satu kasus presiden telepon, itu kan menjadi tidak efektif. Jadi satu paket renegosiasi, itu menurut saya. Detil negosiasinya harus jelas, item-itemnya. Dengan kata lain harus ada moratorium yang komperhensif," ujar Khofifah.

Related Post



Get Traffic Like Spam
Loading...

0 Comment:

Post a Comment

Section meetings - Registered
recent entries

users online



ads ads ads ads
 

networkedblogs

B-C ON YAHOO

Trafic

Followers

MyFreeCopyright.com Registered & Protected MyFreeCopyright.com Registered & Protected